Jenis – Jenis Tachometer Dan Cara Merawatnya | Jual Tachometer Murah

Jenis – Jenis Tachometer Dan Cara Merawatnya | Jual Tachometer Murah
Tachometer adalah sebuah alat pengujian yang dirancang untuk mengukur kecepatan rotasi dari sebuah objek, seperti alat pengukur dalam sebuah mobil yang mengukur putaran per menit (RPM) dari poros engkol mesin. Kata tachometer berasal dari kata Yunani tachos yang berarti kecepatan dan metron yang berarti untuk mengukur. Perangkat ini pada masa sebelumnya dibuat dengan dial, jarum yang menunjukkan pembacaan saat ini dan tanda-tanda yang menunjukkan tingkat yang aman dan berbahaya. Pada masa kini telah diproduksi tachometer digital yang memberikan pembacaan numerik tepat dan akurat dibandingkan menggunakan dial dan jarum.
Cara Merawat :
  • Jangan menempatkan Tachometer di dalam medan magnet yang kuat.
  • Jika mengukur besaran listrik yang tidak diketahui mulailah dengan jangkauan yang terbesar.
  • Jangan menempatkan ditengah terik matahari.
  • Jangan menempatkannya ditempat yang bergetar.
  • Jangan dicuci dengan cairan pelarut.
Ada beberapa jenis alat Tachometer yang sering digunakan manusia untuk mengukur kecepatan rotasi dari sebuah objek, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Tachometer Optic
Tachometer Optic
Tachometer optic (non contact) adalah sebuah alat untuk mengukur kecepatan sudut putar atau rpm. Tachometer optik terdiri dari jalur atau garis (stripe) yang terdapat di dalam sbuah batang lalu atau photosensor yang menghadap pada batang tersebut.
Cara kerjanya adalah setiap batang tersebut berputar, maka photosensor akan mendeteksi jumlah stripe yang melewatinya. Kemudian akan menghasilkan output yang akan berbentuk pulsa. Pada gelombang pulsa tersebut periode kebalikan dari kecepatan angular. Dapat diukur dengan menggunakan rangkaian counter seperti yang digambarkan pada encoder batang optik. Keunggulan tachometer optic ialah memiliki photosensor sehingga dapat mendeteksi setiap garis yang melewatinya, sedangkan kelemahannya tidak dapat merasakan posisi dan jarak, namun dapat diatasi dengan memasang 2 buah photosensor.
2. Tachometer Rotor Bergigi
Tachometer Rotor Bergigi
Terdiri dari sebuah sensor tetap dan sebuah pemutar gerigi, roda, dan bahan besi. Ada 2 jenis sensor yang digunakan yaitu Variable Reluctance Sensor dan Hall Effect Sensor. Cara kerjanya adalah rotor berputar, kemudian bagian rotor bergigi yang akan diukur. Sensor yang berupa magnet akan mendeteksi setiap gerigi tersebut yang melewatinya. Setiap gerigi melewatinya maka medan magnet akan bertambah dan menginduksi tegangan pada belitan kawat sehingga akan dihasilkan pulsa. Pulsa tersebut akan dikonversi menjadi sebuah gelombang kotak yang bersih dengan rangkaian ambang detector.
Keunggulan tachometer gerigi ini adalah memberikan sebuah pulsa setiap waktu apabila gigi besi melewatinya dan menghasilkan pulsa yang berupa sinyal kotak yang jernih.
3. Tachometer DC
Tachometer DC
Tachometer DC adalah sebuah generator DC yang memproduksi tegangan keluaran DC yang proporsional dengan kecepatan batang. Terdiri dari magnet permanen dan bagian yang beputar yang terbuat dari koil, dan juga terjadi konversi langsung.
Prinsip kerjanya adalah terjadinya proses konversi langsung antara kecepatan dan tegangan. Tachometer inilah yang digunakan dalam praktikum instrumentasi kelautan. Keunggulan tachometer DC ini ialah untuk menjaga inersia turun dapat diatasi dengan penggunaan sikat, sedangkan kelemahan sendiri yaitu penggunaan sikat untuk menjaga inersia dapat aus.
Campaign-banner-TKRT
ALATUJI.COM menjual berbagai jenis Tachometer untuk keamanan makanan ataupun keamanan gedung dan peralatan pengujian lainnya untuk perusahaan industri dan sipil, kami juga memiliki tenaga Engineering professional untuk solusi service & support.
Jangan sungkan bertanya di sales@alatuji.com atau hub. marketing kami di 0816 1740 8925, 0816 1740 8927 (Pin BBM : D8AACC1D)
KUNJUNGI KAMI DI :
Jl. Radin Inten II No.62,RT.6/RW.14, Duren Sawit Jakarta Timur, 13440
 T. 021 8690 6777, 021 8690 6771
 P. 0816 1740 8925 (WhatsApp), 0813 1066 1358
 SMS/Whatsapp. 0813 1066 1358 | BBM. D8AACC1D
 Bantuan cepat via email : sales@alatuji.com
 Website : alatuji.com / alatuji.co.id / xrayindonesia.com

Product Lainnya : Testing machine , Universal Testing MachineUji TarikHardnes TesterPortable hardnes testerWeather StationImpact Testing MachineCoating Thickness, Tensile strengthWalkthrough Metal Detector
Previous
Next Post »