Weather station


Weather station atau yang lebih di kenal dengan istilah Stasiun cuaca,
Yang berfungsi atau bertugas untuk mengamati udara dan cuaca. Data yang dicatat antara lain suhu dan tekanan udara, kelembapan  udara  (atau titik embun, yaitu suhu pada saat terjadi embun dalam udara setempat yang diinginkan). Perumbahan tekanan dalam 3 jam terakhir, kuat dan arah angin, keadaan langit, keadaan dan jenis awan, dan curah hujan. Data ini di lengkapi dengan rata yang diperoleh misalnya dari kapal cuaca, balon cuaca, dan akhir-akhir ini juga dari satelit data dari berbagai stasiun cuaca ini di gunakan untuk meramalkan keadaan cuaca, dan akhir-akhir ini juga dari satelit untuk meramal musim satu bulan atau lebih yang akan datang.

Negeri maju mempunyai banyak stasiun cuaca. Dalam daerah industry yang dihuni banyak orang. Stasiun cuaca dapat berjarak lebih dari 1.000 kilometer satu sama lain.
Stasiun cuaca bertugas untuk meramalkan cuaca tersebut, para ahli meteorology menggunakan informasi yang di kumpulkan dari seluruh dunia. Menggunakan informasi yang di kumpulkan dari seluruh dunia. Informasi ini berdasarkan pada pengamatan yang di lakukan pada waktu yang sama setiap hari, di stasiun-stasiun cuaca dan tempat lainnya menggunakan berbagai macam cara.
Data yang di catat antara lain suhu dan tekanan udara, kelembapan udara (titik embun), perubahan tekanan dalam tiga jam terakhir, tekanan dan arah angin, keadaan langit, keadaan dan jenis awan, serta curah hujan. Nantinya, data data ini di gunakan untuk meramalkan cuaca dalam 24 jam, seminggu, satu bulan atau lebih yang akan datang.
Di Indonesia sendiri, kegiatan pengamatan cuaca sudah dilakukan pada tahun 1758, meski tidak dilakukan secara terus menerus untuk jangka waktu yang panjang.
Previous
Next Post »