Pemasangan Metal Detector Pelabuhan Tanjung Priok

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, I Nyoman Gede Saputra mengatakan pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, terkait fasilitas pendukung di area Pelabuhan Tanjung Priok.

Dikatakannya, selain persiapan dengan membangun posko serta membentuk tim angkutan lebaran 2017, juga menyediakan dua dermaga kapal dan lahan parkir yang luas untuk kendaraan bermotor.

"Kami menyiapkan dua dermaga kapal. Dua dermaga tersebut yakni dermaga penumpang dengan panjang 170 meter dan juga dermaga untuk Kapal Roro dengan panjang 170 meter. Bahkan parkir area pun dipersiapkan dengan luas 12.283 meter persegi dengan kapasitas kendaraan 240-270 mobil dan 12-15 unit bus," paparnya Nyoman kepada awak media, Rabu (31/5/2017).

Tak hanya itu, beberapa fasilitas pendukung juga dipersiapkan antara lain 23 unit Closed Circuit of Televion (CCTV), 36 unit APAR, 30 unit troli, 4 unit Pemadam Kebakaran, 3 unit X-ray bagage, 2 unit walk through metal detector, 4 unit metal detector, 2 unit miror detector, dan 1 unit explosive detector. Selain itu, sedikitnya ada lima perusahan angkutan laut yang sudah menyatakan siap menghadapi Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

"Berbagai fasilitas pendukung agar seluruh calon penumpang aman dan nyaman, sudah disiapkan. Sementara itu ada lima perusahaan angkutan laut, baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta, sudah menyatakan siap menghadapi lebaran tahun ini. Seperti PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero, PT Bukit Merapi Nusantara Line, PT Fajar Bahari Indonesia, PT Atosim Lampung Pelayaran, PT Fajar Bahari Indonesia, dan PT Bangka Belitung Jaya Line," paparnya kembali.

Kelima perusahaan tersebut, ungkap Nyoman, dipastikan akan meramaikan arus mudik serta arus balik lebaran tahun ini.

"PT Pelni Persero siaokan delapan armada kapal, yang rata-rata kapasitasnya lebih dari 1.000 penumpang. Sementara itu, keempat perusahaan angkutan laut lainnya, sediakan kapal jenis Roro. Dari keempat perusaan itu, mereka pun menyediakan sebanyak 13 kapal Roro," terangnya. Pada tahun sebelumnya, dirinya mengatakan sebanyak 4.040 penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok yang berbagai wilayah pada puncak arus mudik.
Previous
Next Post »