Jual Alat Uji Impact Testing Machine Murah | Alat Uji Tumbukan Bahan

Metode Impact Testing Machine merupakan suatu metode yang penting bagi kelayakan suatu bahan produksi. Beberapa bahan yang biasa diujikan seperti bahan untuk otomotif dan transmisi serta bagian-bagian pada kereta api, akan mengalami suatu beban kejutan dalam operasinya. Maka dari itu ketahanan suatu material terhadap beban mendadak, serta faktor-faktor yang mempengaruhi sifat material tersebut perlu diketahui dan diperhatikan. Pengujian ini berguna untuk melihat efek-efek yang ditimbulkan oleh adanya takikan, bentuk takikan, temperatur, dan faktor-faktor lainnya.

Impact testing machine bisa diartikan sebagai suatu tes yang mengukur kemampuan suatu bahan dalam menerima beban tumbuk yang diukur dengan besarnya energi yang diperlukan untuk mematahkan spesimen dengan ayunan.

Bandul yang mempunyai ketinggian tertentu berayun dan memukul bahan uji. Berkurangnya energi potensial dari bandul sebelum dan sesudah memukul bahan uji merupakan energi yang diserap oleh bahan uji.
 
Setelah melakukan pengujian akan mengahasilkan beberapa jenis patahan. Jenis-jenis patahan diantaranya :
1. Perpatahan berserat (fibrous fracture) pergeseran bidang-bidang kristal di dalam bahan yang ulet (ductile). Ditandai dengan permukaan berbentuk dimpel yang menyerap cahaya dan permukaan buram .
2. Perpatahan granular/ krisalin mekanisme pembelahan (cleavage) pada butir-butir dari bahan yang rapuh (brittle). Ditandai dengan permukaan yang datar , permukaan mengkilat .
3. Perpatahan campuran Kombinasi antara 2 patahan diatas


Pengujian Impact Testing Machine menggunakan Metode Charpy. Pada metode ini bahan uji diletakkan mendatar dan kedua ujung bahan uji ditumpu pada suatu landasan. Letak takikan (notch) tepat ditengah dengan arah pemukulan dari belakang takikan. Biasanya metode ini digunakan di Amerika dan banyak negara yang lain termasuk Indonesia. ada juga pengujian dengan menggunakan Metode izod. Pada metode ini bahan uji dijepit pada salah satu ujungnya dan diletakkan tegak. Arah pemukulan dari depan takikan. Biasanya metode ini digunakan di Negara Inggris.

Impact Testing Machines

ALATUJI.COM menjual Impact Testing Machine dan peralatan pengujian lainnya untuk perusahaan industri dan sipil, kami juga memiliki tenaga Engineering professional untuk solusi service & support.
Jangan sungkan bertanya di sales@alatuji.com atau hub. marketing kami di 0816 1740 8925, 0816 1740 8927 (Pin BBM : D8AACC1D)

KUNJUNGI KAMI DI :
Jl. Radin Inten II No.62,RT.6/RW.14, Duren Sawit Jakarta Timur, 13440
 T. 021 8690 6777, 021 8690 6771
 P. 0816 1740 8925 (WhatsApp), 0813 1066 1358
 SMS/Whatsapp. 0813 1066 1358 | BBM. D8AACC1D
 Bantuan cepat via email : sales@alatuji.com`
 Website : alatuji.com / alatuji.co.id

Product Lainnya : Testing machine , Universal Testing MachineUji TarikHardnes TesterPortable hardnes testerWeather StationImpact Testing MachineCoating Thickness, Tensile strengthWalkthrough Metal Detector
Previous
Next Post »